Rabu, 30 Maret 2011

Pengalaman Menggunakan Jasa E-Commerce

Pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang pengalaman teman saya yang telah menggunakan jasa e-commerce. Sebelum saya membahas tentang pengalaman teman saya, maka alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang e-commerce. Untuk lebih jelas maka perhatikan uraian berikut ini,
Apa itu e-commerce?
e-commerce terdiri dari dua kata yaitu e ( singkatan dari electronic) dan commerce (perdagangan), jadi jika dari susunan kata pembentuknya e-commerce dapat diartikan sebagai perdagangan elektronik. Perdagangan elektronik itu mencakup penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang, dan jasa melalui system elektronik seperti internet, televise, jaringan computer dan lain-lain..

Nah sekarang saatnya saya menceritakan tentang pengalaman teman saya dalam menggunakan jasa e-commerce.

Coco (nama panggilan teman saya) membeli sebuah handphone melalui kaskus. Pertama ia melihat iklan lalu ia lihat spesifikasi hanphone tersebut. Setelah ia merasa tertarik maka ia melakukan penawaran dan perjanjian dengan si penjual. Ia membuat perjanjian bahwa barang harus dibawa langsung (dengan cara bertemu langsung) dan pembayaran akan dilakukan setelah barang diberikan. Setelah si penjual dan coco menyetujui perjanjian dan harga, maka si penjual langsung memberikan tanda pada iklan bahwa barangnya sudah terjual.Tiba saatnya pengambilan dan pembayaran barang, Coco dan si penjual bertemu dan melakukan transaksi lalu selesai lah proses jual beli.

SARAN JIKA INGIN MENGGUNAKAN JASA E-COMMERCE
  1. Jika barang tersebut memiliki harga cukup tinggi maka sebaiknya pembayaran dilakukan secara langsung (dengan cara bertemu dengan si penjual).
  2. Jangan menggunakan jasa pengiriman jika yang dibeli itu merupakan barang-barang elektronik.
  3. Berbelanja dengan hati-hati, pilih iklan dengan penjual yang telah terpercaya (lihat pesan-pesan pembeli terdahulu pada homesite si penjual)
  4. Bertanya secara detail tentang spesifikasi barang yang akan dibeli

SEKIAN...
jika ada yang kurang atau salah mohon dimaafkan !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar