Selasa, 12 April 2011

RPG MAKER

RPG adalah game engine bersifat open source dimana para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini. Pemain dapat mengatur alur dan tampilan gamenya sendiri.
Versi RPG Maker pada windows yang pernah dan sudah dirilis adalah RPG Maker 95, RPG Maker 2000, RPG Maker 2003, RPG Maker XP, dan RPG Maker VX.  Saat ini saya akan sedikit mengulas lebih jauh tentang RPG Maker 2000.
RPG Maker 2000 menggunakan resolusi layar 320 x 240 untuk memainkan gamenya, dan mempunyai pixel 16×16 tiles, dengan karakter 24×32 sprites. Kotak pesan dan sistem menu hijaunya adalah salah satu tanda pertama bahwa suatu game dibuat dengan RPG Maker 2000, walaupun ini bisa diganti. Sebagian melihat grafiknya yang low-res adalah suatu batasan, namun bisa juga dilihat sebagai kelebihan, karena grafik tersebut tidak hanya kompatibel dengan komputer lama, tapi juga kadang lebih mudah digambar.
Pada versi 2000 ini terdapat beberapa tambahan dari versi 95, RM2K menampilkan grafik beresolusi lebih kecil dari RM95 (mempunyai tile 16×16), namun untungnya, RM2K juga menampilkan fitur-fitur baru, seperti:
  • Self-typing message windows.
  • Efek cuaca.
  • Background Panorama (picture).
  • Frame rate yang lebih tinggi.
  • Kotak pesan dan menu yang bisa diperbaharui dengan ubahan grafik “system” .
  • Dua layer tile.
  • 90 fungsi built-in.
  • User Interface yang lebih professional.
  • Karakter yang dapat melompat.
Semula versi RPG Tsukūru 2000 yang dipasarkan menampilkan tujuh “sample games” untuk contoh pembuatan game. Game ini semua tidak dilampirkan ke translasi Bahasa Inggris Don Miguel, namun Don Miguel memasukkan game buatannya sendiri ke translasi tersebut. Material-material yang dimasukkan ke dalam game-game tersebut bebas digunakan, dan sering dimanfaatkan untuk membuat game sebenarnya, misalnya, A Blurred Line buatan Lysander86 yang banyak memanfaatkan material Abyss-Diver #0.
  • Hanayome no Kammuri (花嫁の冠?, lit. “Crown of Bride”;), by Shin Araki et al.
  • Abyss-Diver #0, by Kenji Shigetoshi
  • Kaizoku (海賊?, lit. “Pirates”;)
  • Queen Kū (クイーン・クー, Kuīn Kū?), by Shinji Fukuda
  • III, by Makoto Yaotani
  • Ugomeku Yami no Toride (蠢く闇の砦?, lit. “Fort of Wriggling Darkness”;), by Yuunya
  • Shuudouin (修道院?, lit. “Religious House”;), by Yuwaka
 


SUMBER : http://bluecious.it-kosongsatu.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar