Jumat, 12 November 2010

Televisi digital: Definisi Tinggi

Dua benang jelujur adegan media global di abad ke dua puluh satu. Mereka adalah penyebaran media digital dari komputer ke ponsel lalu ke televisi digital serta ke Internet dan konvergensi media terpisah sebelumnya dibawa oleh revolusi digital. Keduanya adalah faktor penting dalam pengembangan televisi digital. Istilah 'digital' berarti informasi yang diperinci menjadi serangkaian 0s 1s dan dan dimasukkan ke dalam bentuk yang dapat dengan mudah dimanipulasi oleh microchip yang terletak di jantung setiap perangkat digital. Hal ini membedakan komputer dan banyak keturunan berikutnya yaitu media analog yang lebih tua seperti film, radio, televisi dan audio / rekaman video seperti yang kita tahu mereka sebelum tahun 2000. Media analog mengandalkan replika fisik (atau analog) dari fenomena fisik, seperti suara atau gambar, yang dapat ditularkan atau diawetkan melalui beberapa jenis medium fisik, apakah itu sinyal magnetik pada tape, gelombang elektronik ditransmisikan melalui spektrum, atau perubahan kimia pada strip seluloid.

Digitalisasi dalam produksi, distribusi dan resepsi ditransformasikan media tradisional, dimulai pada pertengahan 1990-an: dalam komunikasi satelit, dalam pencatatan teknologi, dalam generasi baru set televisi, di televisi kabel, di radio dan penyiaran televisi, dan banyak lagi. Industri konvergensi segera diikuti. Mulai dari compact disc (CD) , perekam digital (DAT), disc video digital (DVD) dan  VCR pintar (DVR dan TiVo), dari televisi definisi tinggi (HDTV) untuk multiplexing televisi digital (DTV) untuk mengarahkan satelit siaran (DBS) ke YouTube, dari sel video telepon untuk iPod ke radio satelit (XM, Sirius)  semua menuju pada berbagai bentuk konvergensi industri serta teknologi digital. Mereka mengancam memecah perbatasan media yang lebih tua, dan tantangan struktur lama kepemilikan, kontrol, kadar yang penonton gunakan. Mereka membuat beberapa hal yang lebih baru seperti berbagai bentuk media di seluruh properti nasional dan intelektual, dan beberapa hal seperti melindungi privasi dan mencari tahu siapa yang akan membayar. Bab ini membahas sejarah, teknologi dan debat, dimulai dengan asal-usul televisi digital.


Origins
Kisah televisi digital dimulai pada tahun 1980 dengan perkembangan yang
tampak di bidang teknologi televisi: televisi definisi tinggi atau HDTV. Ini adalah teknologi yang dikembangkan di Jepang yang bertujuan untuk lebih meningkatkan
kualitas gambar televisi dengan meningkatkan definisi, atau jumlah pemindaian
baris, gambar dengan menggunakan metode analog. Hal ini juga mengatur kembali rasio aspek layar, dari 4  kotak untuk 3 rasio televisi tradisional yang lebih cinemascope seperti 16-9, memungkinkan film yang akan ditampilkan di televisi rumah set proporsi biasa, tanpa cropping gambar. Jepang menjadi negara pertama yang memulai siaran HDTV pada tahun 1992.

Prospek HDTV berdampak di Amerika Serikat yang selalu memiliki mutu baku televisi lebih rendah (NTSC) dibandingkan sebagian besar negara di seluruh dunia,yang memiliki tetapan untuk setiap gambar yang dipindai terdapat 525 line, gambar televisi dipindai secara elektronik, secara bolak-balik 525 kali atas ke bawah, tinggi garis 625 bukan kualitas PAL standar umum di tempat lain. Tetapi transmisi highdefinition MUSE standar gambar Jepang  (sampai dengan 1.080 baris) yang diperlukan bandwidth yang jauh lebih banyak dari NTSC yaitu sama dengan enam kali lebih banyak daripada frekuensi siaran standar AS. Ini berarti HDTV tidak dapat disiarkan melalui saluran televisi sekarang ditugaskan ke AS penyiar, mereka akan membutuhkan frekuensi baru yang lebih besar agar siaran HDTV kepada public berhasil.Sementara itu, publik harus berinvestasi dalam set HDTV  untuk menerima gambar.


Beberapa laporan tentang kepentingan penyiaran AS berteknologi HDTV
didorong oleh prospek rencana Komisi Komunikasi Federal pada tahun 1986 untuk melelang sebuah spektrum UHF berharga (tidak pernah sepenuhnya dimanfaatkan oleh penyiar) untuk perusahaan telepon selular. Asosiasi Penyiaran Nasional,kelompok perdagangan industri terkemuka, mengajukan banding ke Federal Communications Commission (FCC) untuk menunda untuk melepaskan ruang spektrum, karena akan dibutuhkan jika HDTV memiliki kesempatan di negeri ini. Pemerintah AS khawatir dominasi tentang industri manufaktur elektronik Jepang ingin mendorong pengembangan teknologi US homegrown definisi tinggi, bukan tergantung pada Jepang. Ia setuju cadangan frekuensi UHF untuk televisi, jika penyiaran AS dan produsen dapat diterapkan teknologikompetitif (Hilmes 2002).

Seperti perusahaan-perusahaan AS yang berjuang untuk merancang perangkat HDTV mereka sendiri, digitalrevolusi juga menyusul mereka. Dengan teknologi digital baru - homegrown di Silicon Valley definisi gambar televisi jauh lebih tinggi dapat diproduksi, secara baik atau lebih baik dari teknologi MUSE Jepang yang telah memulai semuanya. Pada 1993, produsen AS telah datang dengan standar Aliansi strategis Grand, kompromi teknis antara kebutuhan bersaing yang berbeda segmen industri yang dapat menangani berbagai format high-definition digital dengan berbagai tingkat resolusi, kerapatan piksel, frame rate dan metode pemindaian.Namun, perjalanan Aliansi Grand sadar bahwa setiap orang dengan teknologi digital dapat melakukan banyak hal dibandingkan dengan ruang spektrum yang sekedar memberikan gambar indah dan jelas. Satu keuntungan dari digital adalah sinyalnya dapat ditekan, sehingga memungkinkan untuk mengirimkan sampai dengan enamtelevisi definisi standar (SDTV) dalam frekuensi siaran yang ada, semua itu memperjelas keunggulan dari gambar televisi yang ada (kabel channel tunggal bisa membawa 12 atau lebih!) dan ini disebut multiplexing. Jika penyiar ingin memilih kepadatan tertinggi, gambar definisi terkaya mungkin kapasitas spectrum tidak mereka butuhkan dan sistem HDTV tua itu diperlukan, jika tidak, pemilik izin untuk siaran sekarang dikendalikan enam saluran bukan dari satu saluran, ini merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan prospek ini. sinyal


Telekomunikasi AS Act of 1996 merencanaken untuk memperkenalkan HDTV (atau
multiplexing DTV) di seluruh negeri pada dekade berikutnya. Setiap pemegang yang memiliki lisensi televisi diberikan gratis, tugas saluran baru pada spectrum UHF cukup besar digunakan untuk HDTV. Mereka juga akan diizinkan untuk menjaga saluran lama mereka pada pita VHF dan meneruskan penyiaran analog, transisi ke televisi digital akan memakan waktu cukup lama, selama bertahun-tahun beberapa konsumen hanya akan dapat menerima sinyal siaran standar yang telah mereka set dahulu. Sebagai imbalannya, lembaga penyiaran setuju untuk memulai penyiaran digital terestrial di 1998. Pada tahun 2006  set HDTV akan mencapai 85 persen per penetrasi rumah AS (sebuah proyeksi yang terlalu optimis) penyiar harus kembali ke frekuensi lama mereka yaitu di spectrum VHF atau UHF. Hal ini disebut 'Peralihan digital'. Banyak prediksi bahwa tahun 2006 terlalu dini bagi televisi untuk mengubah seluruhnya ke digital, terutama sejak harga set HDTV untuk konsumen pada tahun 2000 dalam kisaran $ 4.000. Tapi jaringan besar AS dan beberapa kabelsaluran, mulai siaran terbatas digital high-definition yang sesuai jadwal pada tahun 1998, dan pada akhir tahun 1999 di 30 pasar sebagian sudah digital, meskipun hanya sedikit konsumen yang memiliki kemampuan untuk menerima sinyal. Keuntungan broadband dan kabel digital diperkenalkan pada tahun 1998, meskipun sebagian besar di bentuk multiplexing televisi definisi tinggi akan memakan waktu lebih lama. transmisi digital Televisi satelit (DBS) telah dimulai pada tahun 1994 dan dimulai definisi tinggi pada tahun 1998. Tanggal peralihan digital di Amerika Serikat yaitu tengah malam pada 17 Februari 2009 (FCC).

Televisi digital diluncurkan di Eropa Barat pada tahun 1998, didistribusikan secara baik oleh satelit dan terestrial (antena di darat). Rupert Murdoch's Sky saluran digital transmisi satelit  mulai tahun itu, DBS analog ada sejak 1989. Pada tahun 2001 analog dihentikan dan mendaftar lima juta pelanggan. Terestrial televisi digital diluncurkan di Inggris pada tahun 1998, dengan enam multiplexing layanan yang dialokasikan oleh enam Komisi Independent Television untuk berbagai perusahaan, termasuk layanan Freeview BBC. Saat ini, lebih dari 50 channel melayani publik Inggris, sebagian besar dari mereka tanpa biaya tambahan dan banyak dari mereka mendapat kapasitas interaktif. Dalam beberapa tahun berikutnya sebagian besar negara Eropa akan memperkenalkan
teknologi dan format baru, yang akhirnya menyebar di seluruh dunia. Luxembourg menjadi negara pertama yang menyelesaikan peralihan digital, yaitu pada tahun 2006, banyak rencana  untuk tahun 2007 dan 2008. Peralihan digital di Inggris direncanakan pada tahun 2012.

Produksi, distribusi dan penerimaan

Media digital bebagi satu karakteristik yang sangat membedakannya dari bentuk analog yang terlebih dahulu. Setiap salinan dari text digital bukan hanya di produksi kembali dengan sempurna tetapi juga sempurna untuk direproduksi. bukan hanya ketidaksempurnaan dan degradasi yg terlibat dalam penyalinan bentuk lamanya sepertiaudio dan video tape . Mereka mudah melakukan transis . digital berarti , seperti web atau disc digital, berarti bahwa setiap kali sebuah lagu atau film atau acara tv di unduh sebagai MP3 file atau di burn atau di beli, pada dasarnya itu memproduksi barang asli yang lain (menjiplak) Hal ini menimbulkan incendiary battles over file sharing transmisi file digital dari satu individu ke individu lainnya dimulai oleh Napster 1999 lalu berkembang ke tempat lainnya . Amerika Serikat merupakan salah satu produsen terbesar yang di distribusikan oleh media sering kali ilegal, seluruh dunia berhasil melewati Digital Millennium Copyright Act pada tahun 1988 . untuk mengontrol peng unduhan kekayaan intelektual yang tidah sah . Pada tahun 2001 uni eropa membuat EU Copyright Directive yang bertujuan sama Banyak negara yang mengadopsi undang-undang tersebut tapi di tempat yang sama di dunia ini terutama Cina pembajakan digital berlangsung dengan bebas Digital media juga mengijinkan interaksi yang lebih tinggi lagi dibandingkan analog media TV digital memungkinkan kisaran yang lebih besar dari 'on demand' servis dimana pemirsa dapat memilih sendiri program individunyadan mereka menonton kapan pun mereka mau terlepas dari penjadwalan kaku streaming siaran tv masa lalu dvd mengijinkan pemirsa untuk memodifikasi tampilan yang mereka lihat dengan bebagai cara mulai darimemilih bahasa berbeda untuk menerjemahkan atau pilihan lainnya pada soundtrack perekam video digital , seperti TiVo mendorong tidak hanya lepas dari jadwal televisi tetapi dari iklan sebagai pemirsa tentunya kita senang jika iklan dilewati video berbasis web , meskipun masih berkembang , mengijinkan pemirsanya untuk menjadi produsendan distributor posting video mereka sendiri atau diperoleh di situs seperti YouTube, atau men-download (seringkali secara ilegal didistribusikan) televisi program dan film melalui layanan seperti BitTorrent. Kualitas dari reproduksibilitas dan interaktivitas telah membuat jejak mereka  ada televisi setiap aspek
produksi, transmisi dan penerimaan. Sisanya membahas bab ini pada gilirannya, berfokus pada cara-cara yang televisi digital menggeser batas-batas yang diterapkan pada media analog,  menciptakan konvergensi tidak hanya di kalangan aplikasi dan industri, tetapi di budaya juga.
Produksi
Produksi video digital dapat ditelusuri kembali ke format profesional di pertengahan 1980-an, terutama Sony Digital Betcam, yang memulai debutnya pada tahun 1986. Konsumen digital
produksi menjadi mungkin hanya di awal 1990-an, sebagai debut nya Apple Quick Time arsitektur dan MPEG-1 dan MPEG-2 standar pemutarannya dikembangkan. Dengan peluncuran yang relatif murah dan mudah menggunakan sistem digital editing linear dalam akhir 1990-an, seperti AVID, Final Cut Pro, Adobe Premiere, dan sejenisnya, bersama dengan digital Mini-DV camcorder, produksi video digital menyelipkan batas-batas professional . banyak studio pindah ke ruang tamu , kamar tidur, halaman belakang dan kantor umum . konsep dari Digital Cinematography adalah melatih baik oleh industry dan individu yang telah memperoleh tanah yang cukup di tahun 2002 . yaitu Star Wars II : : Attack of the Clones (Lucas 2002) telah di produksi sepenuhnya pada video digital DIGITAL TELEVISI: HIGH DEFINISI 49 . (lihat bagian 4) Animasi praktek telah benar-benar diubah oleh kemungkinan-kemungkinan yang melekat dalam produksi digital di gabungkan dengan rekaman digital dan memutar kembali beberapa teknologi , seperti DVD independen dan rendah anggaran pembuatan film telah mengalami kebangkitan besar; diperkirakan biaya untuk membuat digital fitur jumlah film digital sepenuhnya kepada sepersepuluh atau kurang dari biaya produksi yang 35mm Tentu saja, saat ini banyak Masih banyak sengketa atas kualitas suara dan gambar di
digital video dibandingkan dengan film tradisional. Namun, sebagai media digital semakin ditransmisikan melalui web dan nirkabel, kualitas gambar mengambil arti yang berbeda, terutama ketika layar masa depan adalah yang ada di ponsel Anda atau iPod. bioskop belum dilengkapi dengan proyeksi digital, sehingga fitur film untuk bioskop yang dirilis masih harus dipindahkan ke 35mm film sebelum mereka dapat didistribusikan.
Distribusi
Berkat transformasi besar konektivitas yang dibawa oleh Internet dan World Wide Web, di bidang distribusi teknologi digital yang memiliki televisi yang paling terpengaruh. Dari media yang awalnya dikirim dari beberapa pemancar analog yang dipasang tinggi di atas tanah pada antena, dengan munculnya koaksial kabel dan, kemudian, kabel serat optik yang membawa sinyal televisi melalui kabel ke rumah, untuk sinyal satelit yang tertangkap, pada awalnya, cukup besar untuk memblokir sinar matahari, atau, dimulai pada tahun 1980-an, melalui kaset video , televisi telah menjadi media yang dapat dipecah menjadi bit, dialirkan dan ditangkap oleh hampir setiap orang . televisi digital sangat lah efektif, digital ditransmisikan oleh televisi, tidak peduli apa bentuk sinyal yang berasal dari atau apa bentuk akhirnya untuk menerima sinyal .
Satelit
layanan satelit digital, yang pertama untuk debut global, membawa beberapa saluran program televisi dan saluran dengan bahan yang unik yang dikembangkan untuk satelit dan kabel angsung ke ruang tamu orang di seluruh dunia. Satelit televisi bekerja dengan memancarkan sinyal dari stasiun bawah ke atas untuk satelit diorbit geostasioner, 2.300 mil di atas permukaan bumi. Dalam posisi ini mereka berada pada titik tepat di tarik gravitasi bumi untuk berputar pada kecepatan yang sama seperti bumi, menjaga mereka pada posisi yang tetap relatif pada  anah. Campuran tangan pemerintah dan swasta menempati satelit geostasioner, ada Satelit 'feed' dialirkan ke organisasi berita yang memproduksi dari semua titik dari siang dan malam hari, mengubah operasi berita dan membuka jutaann mata di dunia. Di Amerika Serikat, DirectTV, diluncurkan pada tahun 1994, dan Echo Star's Dish Network, diluncurkan pada tahun 1996, adalah dua penyedia utama DBS digital. Mereka membawa sebagian besar wilayah AS rutin dari saluran terestrial dan kabel, namun juga menyediakan berbagai saluran dari bagian belahan lain dunia, tersedia dalam paket berlangganan khusus. khususnya penting bagi populasi diasporik, di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, yang tetap berhubungan dengan budaya dan bahasa melalui televisi satelit. Dalam Inggris Rupert Murdoch BSkyB membawa beberapa persembahan satelit pertama ke Inggris dan ruang angkasa Eropa, menantang hegemoni penyiaran pelayanan publik dan mengancam gelombang Amerikanisasi budaya, karena begitu banyak
saluran dilakukan AS-pemrograman berasal. Ketakutan ini telah mereda sedikit,
Namun, oleh saluran yang berasal dari daerah asalnya banyak yang bermunculan, bersama dengan transnasional koperasi usaha seperti Arte, perusahaan patungan antara Perancis dan Jerman, saluran Euronews dan Eurosports, yang berbasis di AS tapi internasional diprogram Discovery Channel; Azteca, berbasis di Meksiko tetapi melayani semua Selatan dan Amerika Tengah, dan berita pan-Arab Al-Jazeera channel. begitu banyak sekarang band semakin ramai. Sinyal ini diteruskan oleh satelit transponder yang beroperasi pada pita frekuensi KU kembali ke bumi, di mana mereka diterima oleh piringan satelit, ditempatkan baik di atap individu atau balkon, atau di susunan satelit yang didirikan oleh perusahaan-perusahaan yang mengirimkan kembali sinyal mereka dalam bentuk lain (seperti kabel atau siaran).
Kabel
televisi kabel dalam versi analog adalah hampir setua televisi itu sendiri. Coaxial
(Artinya banyak-kabel) kabel yang digantung dari tiang dan dikubur di bawah tanah di seluruh banyak negara pada, tahun 1950-an 1940-an dan 1960-an sebagai cara sederhana untuk mendapatkan televise sinyal untuk masyarakat dengan transmisi yang kurang atau tidak ada dari penyiaran terestrial. Tidak sampai munculnya siaran satelit di akhir 1970-an itu televisi kabel mulai datang sebagai media yang berasal dari pemrograman sendiri, di Amerika Serikat salah satu saluran pertama kabel-hanya berhasil adalah Home Box Office (HBO) yang mulai bersinar adalah acara besar olahraga dan film teater hingga satelit dan thendownto kabel operator di seluruh negeri. Melepas kabel di Amerika Serikat pada tahun 1980, dengan akhir 1990 lebih dari 85 persen dari pemirsa televisi Amerika Serikat yang diterima melalui kabel atau DBS. Digital kabel diperkenalkan pada akhir 1990-an, rata-rata rumah kabel digital dapat menerima lebih dari 100 saluran dengan membayar lebih banyak per view dan pilihan on-demand. Di negara-negara dengan kuat lembaga penyiaran publik pusat, kabel lebih lambat untuk berkembang. Ada beberapa pengecualian , Belanda tetap menjadi salah satu Negara yang paling banyak menggunakan kabel daripada negara Eropa lain karena hanya stasiun-stasiun daya yang rendah dihubungkan oleh kabel bisa dimiliki di negara kecil yang dikelilingi oleh negara yang lebih besar yang dapat menemukan ruang transmisi untuk memiliki siaran
nasional beberapa saluran. Di tempat lain, kabel terkadang bermunculan secara ilegal di negara-negara yang dimana akses ke televisi terbatas atau sangat politik; di Taiwan, kabel dibajak operator untuk membantu mewujudkan gerakan liberalisasi pada 1980-an, dalam politik sebagai kebijakan media. operator kabel di Kanada berkembang pada penawaran saluran AS tersedia melalui udara. Sekarang kabel digital menjadi cara populer untuk menerima Layanan Internet, dan penyediaan layanan telepon melalui kabel tidak jauh sebagai kabel televisi dan telekomunikasi . Web-based digital televise Internet itu sendiri disampaikan melalui kabel, modem atau nirkabel, telah menjadi distribusi media televisi. Dari situs-situs seperti BitTorrent, sebuah peer-to-peer file sharing situs yang mengkhususkan pada film dan televisi bersama dengan musik dan permainan, ke iTunes populer yang memungkinkan download TV resmi yang berbayar, berkembang pesat YouTube dengan video yang banyak digunakan, Internet telah membuat jenis akses baru yang sebelumnya sangat mudah dikendalikan. Paling utama lembaga yang memproduksi televisi telah menambahkan kehadiran Internet yang signifikan untuk penawaran mereka, tidak hanya mendistribusikan program sendiri melalui program yang dimiliki dan dioperasikan website, tetapi menyediakan banyak informasi tambahan dan hiburan online. Namun tempat-tempat tersebut merupakan ancaman besar bagi ekonomi dan masyarakat . Di Amerika Serikat, di mana untuk mendapatkan penghasilan, atau mencari tahu bagaimana membuat uang dari televisi berbasis web tetap menjadi prioritas tertinggi, jaringan dan saluran kabel pertama dengan fitur download digital melalui layanan iTunes Apple. Untuk biaya dalam kisaran dari $ 1,99 per episode, pemirsa dapat men-download episode prime time televise program beberapa jam setelah siaran awal mereka, untuk dilihat di iPod atau komputer, atau pada teknologi canggih lainnya, diteruskan ke set televisi digital. Pada musim panas tahun 2007 jaringan NBC terputus dari iTunes untuk mulai web sendiri distribusi pelayanan melalui Amazon Unbox, yang akan memungkinkan unduhan sementara untuk harga rendah dan beli dengan download dengan biaya yang lebih tinggi (Barnes 2007 bab 1). BBC memulai sendiri video sesuai permintaan untuk di download pada tahun 2005 yang beroperasi bersama dengan Interaktif Media Player, jenis perekam video digital. ITV mulai bereksperimen dengan 'mobisodes' dari Coronation Street (ITV 1960 -) klip dikirim ke ponsel pada tahun 2006. 'Hiburan tidak lagi linear, "kata Jana Bennett, Direktur BBC televisi. 'Anda harus berpikir dalam hal siklus hidup yang lebih luas untuk menunjukkan - bagaimana akan bermain di TV atau komputer, dalam sebuah permainan, di  telepon - dan Anda harus merangkul jenis baru kemitraan kreatif dengan audiens Anda '(dikutip oleh Foroohar 2005: 48).
DVD 
Salah satu bidang distribusi digital industri televise tampaknya terkejut atas penjualan serial televisi pada DVD (Digital Video Disc), terutama seluruh  musim dalam format box-set.  video  kaset , sebuah teknologi analog, memberikan dampak besar pada bisnis film di televisi. Rekaman video yang besar dan memiliki kapasitas rekaman kecil, mereka bekerja dengan baik untuk film tetapi untuk program televisi akan memiliki saingan cukup berat dan mengambil seluruh penonton! Sebuah pasar untuk penjualan DVD melintasi batas-batas nasional dan berbagai bahasa telah bermunculan,  berkat kapasitas penyimpanan yang diperbolehkan dalam beberapa sub berbeda bahasa ada pada satu disk, mudah dipilih oleh penonton. Pengusaha distributor seperti Koch Hiburan di Amerika Serikat mulai menawarkan tidak hanya seri Inggris tetapi program televisi dari Perancis, Jerman dan Italia, dan distributor besar seperti Amazon.com memperluas penawaran internasional mereka di tahun 2005 dan 2006.Namun, munculnya DVD high-definition yang baru, dalam dua format yang bersaing - Blu-Ray dan HD-DVD -  mengancam akan menaikkan harga dan membuat format lain akan tertinggalkan .
Penerimaan
Kita telah mencatat bahwa kapasitas televisi digital mengaburkan perbedaan antara
produksi dan penerimaan umum untuk media analog, tetapi perlu dicatat beberapa

aspek dari apa yang pengguna atau pemirsa dapat dilakukan dengan pilihan baru mereka digital ketika dating
untuk menempatkan teknologi digital untuk digunakan. Ternyata, meskipun secara teratur dijadwalkan televisi program masih mempertahankan popularitas mereka, kemampuan untuk mengubah program untuk kali lebih nyaman dan untuk melihat mereka dalam blok waktu yang dipadatkan (tidak membagi-bagikan minggu ke minggu) telah menjadi semakin populer. DVR, termasuk TiVo populer, diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 2004, pada 2007 hampir 20 persen dari rumah yang dimiliki AS setidaknya satu DVR dan menggunakan mereka untuk proporsi yang terus meningkat televisi mereka melihat, seperti yang dilakukan pemirsa di Inggris, dimana kedua Sky dan BBC DVR diperkenalkan di 2005, jauh di depan negara lain. Cepat-forwarding melalui iklan tampaknya menjadi sangat dihargai, untuk alarm banyak dalam industri televisi. Salah satu Kabel perusahaan AS, Time Warner, mengumumkan tahun 2007 bahwa mereka akan membuat DVR tersedia untuk pelanggan yang akan memungkinkan program pergeseran namun secara khusus akan tidak dapat cepat maju melalui iklan.


Kombinasikan DVD, DVR, iTunes, BitTorrent dan YouTube dengan-pernah berkembang

array pilihan on-demand yang tersedia pada sistem distribusi digital dan, sebagai Derek

Kompare menunjukkan, televisi sebagai medium tampaknya baik pada jalan ke beralih

dari konfigurasi tradisional sebagai layanan kepada masyarakat massa, mengalirkan

terus mengalir komunikasi umum ketat diatur dalam ketersediaan, untuk sebuah

model yang lebih erat analog dengan penerbitan atau ke industri film (Kompare 2006).
Individu membuat pilihan dari inventarisasi memperluas penawaran yang tersedia dari
sejumlah sumber pada waktu yang berbeda, di seluruh hambatan sebelumnya diawasi waktu, ruang, bangsa, bahasa, dan format.

Kesimpulan
layar televisi memiliki keduanya diperluas dan menyusut secara dramatis, dari semakin
seperti di dalam teater layar datar, sekarang bagian dari pusat hiburan rumah, ke kecil
jendela pada ponsel dan iPod. Layar komputer menjadi televisi, sementara

layar televisi berhubungan dengan komputer. Banyak mantan kentang sofa sekarang menggunakan
layar televisi mereka hanya untuk bermain video game. Program baru bentuk debut dari 'mobisodes' dan 'webisodes' - televisi materi hanya tersedia pada ponsel
atau situs web - untuk semakin format interaktif yang memungkinkan pemirsa untuk mempengaruhi
naratif, seperti dalam pemungutan suara untuk Pop Idol berikutnya atau memanggil pertanyaan untuk dibahas diudara. Jika kita tidak seperti perubahan tersebut, YouTube dan teknologi produksi digital memungkinkankami untuk membuat televisi sendiri. Jelas, revolusi digital masih dalam proses, dan televisi tetap menjadi salah satu medan pertempuran utama.

Fitur membaca
Boddy, William (2004) New Media and Popular Imagination: Launching Radio, Television, and Digital Media in the United States (Oxford Television Studies). Oxford: Oxford University Press.
Brown, Alan and Picard, Robert G. (eds) (2005) Digital Terrestrial Television in Europe.
Mahwah, NJ: Lawrence Earlbaum Associates.
Castaneda, Mari (2007) The complicated transition to digital television in the United States, Television and New Media, 8(2): 91–106.
Hilmes, Michele (2002) Cable, satellite and digital technologies, in Dan Harries (ed.) The New Media Book. London: British Film Institute.
Nicholas, Kyle (2006) Post TV?: the future of television, in Glen Creeber (ed.) Tele-Visions: An Introduction to Studying Television. London: British Film Insitute.




Studi Kasus:
Membuat televise berita di era digital Damien Steward berita televisi adalah tentang perubahan. Its kebaruan dan kedekatan perusahaan antara hal-hal yang selalu jelas dibedakan dari koran. berita Television sekarangberubah lebih cepat maka sebelumnya. Perubahan dalam filsafat, kompetisi yang sedang berkembang dan kepemilikan memiliki semua memainkan peran mereka. Tapi mungkin agen yang paling kuat perubahan dalam jurnalisme televisi kontemporer adalah teknologi, metode dan mesin yang sebenarnya membawa foto-foto terbaru ke layar kita. Dan orang-orang yang sama metode dan mesin juga memungkinkan untuk non-profesional (orang-orang di luar lingkaran keajaiban industri) untuk mempengaruhi serta dipengaruhi olehpaling kuat dari media. Sejak akhir 1990-an semua operasi televisi utama berita di Inggris telahbereksperimen dengan teknologi digital dalam rangka untuk lebih mengelola ribuan jam rekaman yang dialirkan ke newsroom mereka setiap minggu. Berita manajer melihat munculnya teknologi server terjangkau, di mana besar jumlah gambar bergerak elektronik dapat disimpan, sebagai kesempatan untuk memperbaiki jurnalisme mereka dan memotong biaya.
Ada
sedikit perubahan pada rekaman berita cara dikelola dari awal
1980 selama lebih dari satu dekade. Lalu, rekaman ditembak pada kamera menggunakan pita beta
format dan fisik kembali ke ruang berita. rekaman ini kemudian tape diedit 'untuk tape ', yang membutuhkan penggunaan mesin editing besar dan mahal dan keterampilan dari kerajinan profesional tape editor. Itu adalah sistem yang bekerja cukup baik, tapi satu yang memiliki kelemahan jelas. Selain biaya infrastruktur, potensi
kaset untuk pergi hilang dan kemacetan besar-besaran untuk memperlambat proses produksi
konstan masalah. Munculnya teknologi berbasis server dan editing desktop memiliki mengubah semua itu. Sky News's teknis manajer James Weeks (wawancara dengan penulis, 2007) mengatakan: Dulu kasus yang produser akan mengikat suite £ 250,000 edit untuk lima menit hanya untuk memotong tembakan pembukaan delapan detik. Sekarang mereka dapat menelusuri gambar di desktop mereka, memilih menembak mereka inginkan, menambahkan audio untuk secara akurat mewakili rasa cerita mereka ingin menerbitkan. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengambil tanggung jawab dan kepemilikan sepotong output. Dalam hal kepuasan kerja dan kemampuan untuk bereaksi terhadap cerita melanggar itu adalah lompatan besar. Dalam teori, sistem desktop seperti berarti bahwa para editor kerajinan dapat digunakan hanya untuk cerita, fitur, yang spesial, dan seterusnya, di mana keterampilan mereka paling berguna. Tapi kenyataannya adalah bahwa orang-orang yang bertanggung jawab atas dompet di penyiaran juga melihat teknologi baru sebagai kesempatan untuk memotong jumlah pegawai dan dengan itu proporsi anggaran yang dihabiskan pada orang daripada mesin. Teknologi baru juga mulai membuat terobosan serius ke bisnis mendapatkan gambar kembali ke ruang berita. Dari akhir 1970-an televisi seterusnya berita perusahaan bergantung pada transmisi satelit dari luar negeri, dan kemudian semakin di rumah, untuk memastikan rekaman harus secepat mungkin. Harga tersebut transmisi telah jatuh drastis dalam satu dekade terakhir dan setengah. Tapi sekarang penyiar menemukan bahwa gambar dapat dikirim dari lapangan melalui komputer laptop. The kualitas transmisi ini masih belum perangkat lunak terbaik tetapi baru, khususnya P2 sistem berbasis Flash yang telah mempelopori Sky di Inggris, adalah mempersempit kesenjangan hamper oleh bulan. Peter Barron, editor BBC Newsnight (BBC 1980 -) memiliki lebih menarik, bahkan mungkin romantis, pemandangan march teknologi televisi ke dalam masa depan (wawancara dengan penulis, 2007): Dalam pandangan saya, apa yang terjadi dengan industri media digital tidak seperti apa yang terjadi dalam industri musik di akhir 70-an. Pada hari-hari membuat
catatan adalah pound-juta multi, bulan di studio rekaman, melakukan

bahwa hanya band-band besar seperti Led Zeppelin dan Kejadian tahu bagaimana melakukannya.
Bagi mereka di industri TV, membaca seperti BBC dan ITV. Kemudian pada 70an teknologi datang sehingga hampir semua orang bisa membuat
rekor beberapa ratus pound atau kurang, dan banyak melakukannya. Sebagian besar adalah dari
sampah tentu saja - hanya dengan cara yang sama bahwa blog kebanyakan sampah - tetapi dalam massa bahan beberapa permata naik ke atas, dan sangat cepat band-band seperti Nada membuat orde lama terlihat seperti dinosaurus lamban. Jadi apa
terjadi? Beberapa dinosaurus mati (baca Top of the Pops dan
Pacuan), tetapi perusahaan perusahaan rekaman besar - terancam oleh orang-orang seperti label independen seperti Wonder Kecil dan Rough Trade - hanya disesuaikan, disalin mereka dengan berpura-pura menjadi label kecil diri mereka sendiri dan akhirnyamembeli mereka keluar. Jadi, media besar pemain akan dalam pandangan saya akan gila tidak beradaptasi dengan perubahan lanskap digital atau mengatakan bahwa tidak apa yang kita lakukan. Jika mereka
melakukan itu mereka akan keluar dari bisnis, tapi saya pikir itu jauh lebih besar kemungkinan mereka akan
beradaptasi dan bertahan, dengan beberapa korban di sepanjang jalan. Tapi meskipun laju perubahan, Barron percaya bahwa masih ada
perlawanan terhadap cara baru dalam melakukan sesuatu (ibid.):
Saya pikir itu cukup mengejutkan, Namun, bagaimana organisasi besar perlahan-lahan beradaptasi dengan
perubahan - dalam bagian industri TV, tetapi juga di NHS dan di tempat lain. Mengapa

itu bahwa individu-individu dalam kehidupan pribadi mereka merangkul perubahan yang sangat mudah -
tidak ada misalnya bersikeras mempertahankan dapur sekarang bahwa kita semua memiliki kulkas, atau hampir tidak ada yang memiliki kepala pelayan, tetapi banyak orang mempekerjakan Polandia pembersih - namun dalam organisasi besar Anda sering mendengar orang berkata TV atau NHS setara dengan 'kita tidak bisa membiarkan kepala pelayan pergi, yang akan terus dapur ditebar dengan benar? " Beberapa perlawanan yang didasarkan pada lebih dari sekedar lampiran ke yang lama
cara, dan keinginan antara staf teknis, tidak sedikit editor kerajinan, dimengerti cemas

untuk mempertahankan pekerjaan mereka. Penandatanganan terakhir dari kesepakatan 250 juta £ 6-tahun antara ITV dan
ITN untuk liputan berita didasarkan pada sebagian besar bahwa uang yang dihabiskan untuk teknologi baru, dengan 64 kerugian yang diakibatkan pekerjaan, hampir semua dari mereka antara peringkat teknis. Dan berpindah dari editor kerajinan mempekerjakan untuk hampir semua tugas lulus pada semua namun pekerjaan pengeditan yang paling kompleks untuk wartawan adalah salah satu yang membuatbeberapa signifikan asumsi tentang sifat jurnalisme. Wartawan televise hari ini adalah kelompok yang sangat terlatih. Semua anggota baru untuk bisnis sekarang
lulusan, sebagian besar dengan kualifikasi jurnalisme pasca-sarjana. Hari-hari
seorang wartawan dari sebuah koran lokal atau nasional persimpangan disiplin, atau bahkan seseorang dari nilai administratif, sudah berakhir. Tapi ini generasi baru
wartawan televisi, meskipun sebagian besar akan memiliki beberapa pelatihan editing desktop
selama pendidikan mereka, ingin menjadi tepat seperti itu - wartawan. Bahkan mereka yang membuktikan kompeten pada akhir teknis pekerjaan tidak selalu menikmati tugas. Sebagai dimengerti wartawan anonim di sebuah perusahaan berita televisi besar berkata: Cara baru dalam melakukan sesuatu terlihat sangat mengesankan pada awalnya, Anda pergi dengan juru kamera, Anda melihat apa yang ditembak, Anda kembali ke ruang berita, Anda duduk di komputer dan dipotong. Anda berada di bawah kendali penuh. Tapi itu bagian darimasalah. Semua yang saya, atau orang lain, menulis untuk salah satu buletin kita dibaca dan mungkin ditulis ulang setidaknya sekali, kadang-kadang dua kali. Dan jika pembaca berita serius tentang pekerjaan mereka, tiga kali. Tetapi tekanan kerja sekarang begitu kuat bahwa sebagian besar barang yang saya mengedit langsung menuju ke udara tanpa terlihat oleh orang lain sama sekali. Ini tidak ideal, dan bahkan meskipun aku cukup kompeten pada desktop masih ada beberapa orang, baik
wartawan dinyatakan, yang benar-benar berjuang dengan sistem. Aku akan mengatakan

jumlah kesalahan teknis dengan program rata-rata, audio yang hilang,
pilihan menembak salah, sudah pasti naik karena kita pindah ke yang baru sistem. Dan aku tidak berpikir ada seorang rekan tunggal saya yang tidak akan lebih suka bekerja dengan editor profesional. Saya tidak akan mengharapkan mereka untuk melakukan saya
pekerjaan, meski aku menduga banyak dari mereka lebih dari mampu. Jadi kenapa aku harus
lakukan mereka? Mengapa saya harus mau? (Wawancara anonim, 2007)
Ini adalah masalah dengan mengedit jurnalis diri di desktop yang lebih banyak
jurnalis senior bijaksana sadar. Julie Hulme adalah program senior editor di Channel 4 News dimana sistem baru berbasis Avid, Newscutter, diinstal. Ketika ia menjelaskan beberapa saat sebelum itu menjadi operasional: Setelah kami selesai transfer pada bulan Oktober [2007], semua orang di ruang berita termasuk koresponden, editor program, produser dan presenter akan dapat melihat materi, bekerja melalui bergegas dan memotong gambar untuk menciptakanpaket. Salah satu kelemahan dari sistem saat ini adalah perlu untuk mengunjungi VT suite untuk menambahkan suara. Sekarang semua orang bias melakukan itu di desktop nya. Sebagai STUDI KASUS: PEMBUATAN BERITA DI TELEVISI DIGITAL UMUR 57 program editor aku harus mengumpulkan cerita namun saya akan mencoba mogok keseimbangan sehingga wartawan kami tetap wartawan dan tidak menjadi teknisiPengenalan teknologi berbasis server memiliki satu tak terduga, dan cukup aneh, konsekuensi. Pada usia pra-digital apapun tape yang berisi item yang hanya harus pergi di udara langsung bisa saja menjadi bergegas masuk ke ruang berita, dimasukkan menjadi pemain dan disiarkan langsung. Ini adalah adegan yang lebih tua banyak berita televise orang mengingat dengan campuran kegembiraan dan kecemasan. Tapi hari ini bahwa rekaman akan harus didownload ke server sebelum dapat ditularkan. Hanya terbaru mesin beroperasi pada sesuatu yang lebih cepat dari real time. Arti tape 30 menit mengambil 30 menit sebelum dapat diedit atau disiarkan. Jadi ketika mesin pita terakhir adalah akhirnya dihapus dari galeri terakhir atau tempat bermain-out, kemungkinan terjadi lebih cepat bukan daripada nanti, teknologi sebenarnya telah memperlambat proses meletakkan penting materi ke layar publik. Ini adalah di bidang akses arsip dan perpustakaan bahwa teknologi server mungkin menawarkan janji terbesar. Saat ini penyedia televisi utama berita dipaksa untuk menyimpan sejumlah besar kaset yang harus dilacak secara fisik oleh pustakawan setiap kali gambar tertentu atau cerita diperlukan. Masalahnya adalah diperparah oleh kenyataan bahwa, misalnya di ITN, mereka mengelola arsip, yang membentang kembali ke akhir abad kesembilan belas, disimpan pada sejumlah berbedaformat, termasuk beta, film u-matic dan bahkan. Mereka sekarang memiliki rencana ambisius untuk 100.000 jam mendigitalkan gambar. Mereka kemudian akan tersedia tidak hanya untuk wartawan pada komputer mereka namun juga untuk penjualan dan pemasaran, sumber semakin penting pendapatan bagi perusahaan. Tetapi proses ini harus sangat hati-hati berhasil memberikan manfaat editorial ITN berharap untuk mencapai. Tidak sedikit, mereka perlu memastikan bahwa setiap cerita secara unik ditandai. Hilangnya hampir lengkap profesionalperpustakaan peneliti dari beberapa newsroom televisi sudah terbukti kesulitan dari melacak gambar yang tepat tanpa bantuan terampil. Ini adalah satu set keterampilan banyak wartawan akan lebih suka untuk tidak harus mendapatkan. Dalam jangka menengah sekalipun, menjadi jelas bahwa teknologi yang benar-benar mengubah berita televisi tidak bahwa di tangan penyiaran namun di tangan masyarakat. Kehadiran ponsel berkamera, highbandwidth
koneksi broadband dan, mungkin yang paling penting, kurangnya masyarakat tentang hormat
terhadap penyiaran, berarti bahwa 'jurnalisme warga' disebut dilihat sebagai penting bagian dari alam semesta berita televisi. Mengapa, meminta organisasi televisi berita utama, perusahaan mengijinkan seperti YouTube dan MySpace menjadi kolam ikan hanya besar di lautan video kini sedang dibuat oleh orang-orang biasa? Sebagai ITN internal
memo saya terima pada bulan Juli 2007 meletakkannya:
Selama beberapa minggu terakhir, User Generated Content (UGC) sekali lagi menjadi andalan program TV paling News. Mobil terbakar di Bandar Udara Glasgow, yang membara teroris dibawa turun oleh publik, M6 penangkapan. Kami telah semua berada di UGC Utopia, gambar hanya tampak roll-in, seperti tak terucap kami kontrak dengan masyarakat disampaikan dalam sekop. Anda film itu - kami akan menyiarkannya. Di atas tidak ditulis oleh agen PR YouTube, tetapi oleh Deborah Turness, ITN's editor - orang yang bertanggung jawab atas semua program berita di ITV. BBC telah menetapkan seluruh tim untuk menangani user generated content sebagai pilot pada tahun 2005. Di belakang yang 7 / 7 pemboman di London dan api minyak Buncefield, pentingnya tim itumenyadari dan kelompok itu diperluas. Dalam bangun dari api Buncefield BBC menerima lebih dari 5.000 foto dari pemirsa. BBC biasanya tidak membayar untuk konten dihasilkan oleh pemirsanya. Namun, jika mereka itu harus diserahkan eksklusif seperti 21 / 7 penangkapan sulit untuk melihat bagaimana mereka bisa menolak membuka dompet mereka. Pada tahun 2006 CNN meluncurkan iReport, sebuah proyek yang dirancang untuk membawa berita user generated konten ke CNN sekali internasional dominan. Sky News telah mungkin menjadi paling agresif dalam mencari gambar dari masyarakat, dengan banding on-udara reguler untuk gambar dari pemirsanya. Ada juga keraguan bahwa selalu di udara 'sifat
produk dari Sky, BBC World dan CNN, belum lagi pemain kecil seperti

Al-Jazeera berarti ada di kali putus asa semata-mata hanya untuk mengisi waktu udara.

Generated Content User telah terbukti layak untuk ITN. Pada bulan Juli 2005 mereka
membeli rekaman penangkapan calon 21 / 7 pembom dari tetangga. Mereka membayarnya £ 60.000, mungkin jumlah terbesar yang pernah diserahkan kepada anggota publik dengan sebuah perusahaan untuk cuplikan berita televisi. Hal ini terbukti menjadi investasi cerdas; tidak hanya materi menyediakan ITN dengan eksklusif yang menakjubkan, meletakkan uang tunai out diperoleh kembali pada hari dengan penjualan ke penyiaran lain, surat kabar dan instansi. Turness mengatakan kepada saya bahwa dia melihat UGC sebagai 'pemanfaatan lebih dari apa yang "pengguna" sudah harus
tawarkan. Ini tentang kontribusi pemahaman bahwa orang biasa dapat membuat

untuk program kami, dan editorial, komersial dan nilai strategis yang dapat dibawa

untuk (wawancara dengan penulis, Juni 2007) kami '.
ITN berpikir bahwa mereka telah melihat celah di pasar yang bisa membuat mereka masa depan, mendung oleh isu-isu kepemilikan, sedikit lebih aman. Jadi pada akhir Juli 2007 mereka meluncurkan layanan yang disebut 'upload'. ITN berharap layanan ini akan berarti mereka akan memiliki jaringan seluruh 'warga wartawan', membawa jenis baru cerita ke jaringan dan layanan yang terkait di internet dan di ponsel. ITN percaya bahwa selain dari nilai editorial potensial, ada argumen yang jelas komersial untuk menghubungkan dengan terlibat, termotivasi, individu - individu yang semakinmendapatkan berita dari televisi non-tradisional dan sumber-sumber web. Layanan ini akan memungkinkan setiap pengunjung yang telah mendaftar untuk menyampaikan pandangan mereka - melalui telepon seluler, webcam atau apapun perangkat yang mereka miliki - pada cerita hari (Yang, kita harus perhatikan, masih akan dipilih oleh sekelompok wartawan senior ITN). The yang terbaik dari klip akan berjalan pada News makan siang, Evening News dan Berita di Sepuluh Tiga puluh. ITN bersikeras bahwa bahan ini tidak akan menggantikan pekerjaan ITV News wartawan dan koresponden. Pemirsa kemudian akan didorong untuk online, melihat klip lebih dan menambahkan pandangan mereka sendiri. Untuk ITN tampaknya membuat segala macam rasa, khususnya pemasaran dan rasa komersial. Mereka menyebutnya 'lingkaran berbudi luhurpromosi '- orang secara permanen didorong ke depan dari televisi untuk online dan kembali ke televisi lagi.Ini, tentu saja, menimbulkan segala macam pertanyaan tentang bagaimana konten ini akan diatur. Kita hanya harus berpikir tentang bagaimana berbagai Radio 4 jajak pendapat untuk kepribadian tahun, misalnya, telah secara teratur telah dimanipulasi oleh kelompok penekan terorganisir dengan baik dengan agenda yang mungkin tim editorial merasa kurang dari yang sesuai. The kasus yang paling ekstrim terhadap, gumam oleh banyak prajurit kaki wartawan dalam banyak STUDI KASUS: PEMBUATAN BERITA DI TELEVISI DIGITAL UMUR  ruang berita, adalah bahwa hasil akhir dari pertumbuhan penggunaan UGC akan program berita mana agenda ditetapkan oleh apa yang masyarakat mengirim dalam, dengan para eksekutif berita sederhana memegang cincin sementara wartawan sendiri juga hanya berakhir sebagai over-berpendidikanteknisi. Itu tentu saja, pandangan pesimis, sebuah gurun bakat bebas dari gambar gemetar dari 'wartawan' tidak terampil, di mana penyiaran putus asa mencoba untuk menopang pendapatan dan keuntungan dengan menjual gambar online dan menutup telepon. Untuk bagian mereka, orang-orang yang bertanggung jawab atas newsroom televisi utama bersikeras bahwa mereka tahu, dan penelitian beruang keluar, apa yang menarik pemirsa. Itu berarti investasi besar dalam biro asing, pelaporan lapangan dan investigasi menyamar. Dan itu adalah highquality
pelaporan, didukung oleh pemahaman yang benar dari cerita-cerita dan isu-isu, tidak ada

yang murah. Dan itu pasti bodoh untuk berpikir bahwa para pembuat berita televisi bisa

pernah memalingkan muka mereka pada teknologi yang memungkinkan mereka begitu banyak fleksibilitas, dalam
lapangan serta ruang berita, dan pada saat yang sama menawarkan penampil yang selalu berkembangjumlah sumber berita. merpati Baron Reuter itu tidak diragukan lagi marah ketika mereka kehilangan pekerjaan mereka melalui peletakan meja telegraf bawah laut. Mungkin apa yang berbeda hari ini langkah perubahan teknologi. Editor yang disambung sama film bergerak dari Ratu Victoria's Golden Jubilee tahun 1897 akan dengan mudah mengenali mesin yang digunakan oleh keturunannya di newsroom dari 1960-an dan 1970-an. Organisasi berita utama Inggris awal abad kedua puluh abad yang menggunakan sistem editing keempat atau kelima baru mereka elektronik dalam satu dekade. Ini berarti bahwa wartawan televisi kebanyakan akan berpendapat bahwa mereka memiliki sedikit waktu untuk berpikir tentang apa yang ingin mereka katakan dan bagaimana mengatakannya dan yang jauh lebih dikonsumsi oleh proses benar-benar mendapatkan itu, apapun itu, ke udara. Jurnalisme tidak pernah benar-benar telah yakin apakah itu panggilan, profesi atau perdagangan. Ini masih belum, tapi ada sedikit keraguan bahwa aspek rakyat saat ini semakin di atas angin. Dekade terakhir telah terbukti waktu boom untuk, pembuat desainer dan penjual perangkat keras televise dan perangkat lunak sama. Apakah dekade berikutnya juga membuktikan menjadi boom waktu untukjurnalis dan jurnalisme televisi sama sekali masalah lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar